Tips Kesehatan

15 Makanan yang wajib dihindari saat diet

Menjalankan diet kerap menjadi pilihan untuk sebagian besar orang yang ingin menurunkan berat badan. Pada dasarnya diet akan memberikan hasil positif bagi tubuh, selama dilakukan dengan cara dan porsi yang tepat. Penting untuk memahami hal ini dengan baik sejak awal, agar diet memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh. Jangan sampai tubuh mengalami masalah, hanya karena  memilih diet yang tidak tepat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh itu sendiri.

15 Makanan yang wajib dihindari saat diet

Selain dijalankan dengan tujuan untuk menurunkan berat badan semata, diet bisa saja dijalankan dengan tujuan lainnya, seperti:

  • Menjaga kesehatan tubuh agar lebih bugar dan tetap dalam kondisi prima.
  • Mencapai titik normal kadar zat tertentu di dalam tubuh (seperti gula dan yang lainnya).
  • Sedang dalam masa perawatan medis yang membutuhkan program diet tertentu untuk mencapai tingkat kesehatan yag maksimal.
  • Mengalami masalah kelebihan berat badan dalam jumlah yang cukup besar (obesitas).
  • Bermasalah dengan zat tertentu yang terkandung di dalam makanan (misalnya: kacang, minyak sawit, laktosa, dan yang lainnya), sehingga perlu menghindari jenis makanan tertentu.

Jalankan sesuai dengan aturan kesehatan

Apapun alasan untuk menjalankan diet, pastikan hal ini dilakukan sesuai dengan aturan kesehatan, sehingga metabolisme tubuh tidak terganggu. Tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjalankan berbagai aktifitas sepanjang hari, bahkan ketika sedang menjalani diet. Agar diet berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal, akan sangat tepat jika meminta saran kepada ahlinya. Selain itu, hindari juga berbagai makanan yang bisa menghambat keberhasilan program diet. Bagaimanapun juga, diet hanya akan berhasil jika dilakukan dengan cara dan juga asupan makanan yag tepat, bukan?

Simak 15 makanan berikut ini, yang wajib dihindari saat menjalankan diet:

  1. Donat

hindari makan donat saat diet

Makanan manis yang satu ini tentu menjadi salah satu makanan favorit di hampir seluruh belahan dunia. Donat selalu menjadi camilan yang ditunggu dan diinginkan oleh banyak orang di setiap kesempatan. Namun bagi yang menjalankan diet, donat adalah salah satu pantangan yang wajib dihindari. Proses penggorengan yang dilakukan pada donat akan membuat makanan ini memiliki kalori yang tinggi. Ditambah dengan kandungan gula serta margarin di dalamnya, dijamin diet akan berantakan ketika menyantapnya.

  1. Cokelat

dilarang makan cokelat saat diet

Coklat memang nikmat dan bisa membuat suasana hati menjadi lebih nyaman dan senang. Namun makanan yang satu ini tidak dianjurkan bagi yang sedang menjalankan diet. Kebanyakan cokelat yang beredar di pasaran telah mengalami proses dan juga penambahan berbagai bahan lainnya, seperti: gula, susu, kacang dan yang lainnya. Semua tambahan ini membuat makanan ini mengandung kalori yang cukup tinggi, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

  1. Minuman bersoda

minuman bersoda bikin gemuk

Beragam minuman manis juga wajib dihindari selama menjalankan diet, terutama minuman bersoda. Minuman yang satu ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, jumlah kalorinya dalam satu gelas bahkan bisa saja setara dengan jumlah kalori yang terdapat di dalam menu makan siang.

  1. Mi instan

hindari konsumsi mie instan saat diet

Mi instan memang terasa lezat dan nikmat, terutama jika disantap di saat perut sedang lapar. Namun bagi yang sedang menjalankan diet, makanan yang satu ini wajib untuk dihindari. Bukan hanya karena kalorinya yang tinggi, namun mi instan juga akan mengalami proses yang lambat di dalam pencernaan, sehingga bisa menggagalkan program diet yang sedang dijalankan.

  1. Susu full cream

hindari susu full cream saat diet
@toko.ben

Bagi yang sedang menjalankan diet, jenis susu yang satu ini harus dihindari. Kandungan lemak dan juga kalorinya begitu tinggi, sehingga susu full cream akan merusak diet dan membuat timbunan  lemak yang baru di dalam tubuh. Jika sedang berdiet, maka susu rendah kalori dapat dijadikan sebagai pilihan yang paling tepat.

  1. Junk food

Junk food juga menjadi salah satu pantangan keras bagi yang sedang menjalankan diet. Pada umumnya, junk food diproses melalui proses penggorengan, sehingga mengandung banyak kalori di dalamnya. Selain itu, kandungan nutrisi di dalam junk food juga terbilang rendah dan tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh, terutama bagi yang sedang menjalankan diet sehat.

  1. Selai kacang

Kacang telah mengandung banyak lemak, dan di dalam bentuk selai makanan yang satu ini akan ditambahkan gula serta zat lainnya yang mengandung banyak kalori. Selai kacang dapat merusak diet, sehingga makanan yang satu ini sangat tidak direkomendasikan bagi yang sedang berdiet.

  1. Daging merah

Kandungan lemak di dalam daging merah, bisa merusak program diet, terutama jika diolah dengan cara yang tidak tepat. Daging merah bukanlah makanan yang tepat di saat diet, jadi sangat penting untuk menghindari makanan yang satu ini. Jika menginginkan daging, maka daging ayam tanpa lemak dan kulit adalah pilihan yang tepat di saat diet.

  1. Roti

Saat menjalankan diet, sebagian orang kerap menjadi makanan yang satu ini sebagai pengganti nasi. Roti bukanlah makanan yang tepat bagi yang berdiet, sebab makanan ini juga mengandung gula serta kalori yang cukup tinggi. Bagi yang ingin menu roti saat berdiet, roti gandum utuh adalah pilihan yang paling bijak.

  1. Minuman energi

Berdiet dan membutuhkan asupan energi, sebagian orang kerap menjadikan minuman energi sebagai menu diet mereka agar kondisi tubuh tetap prima. Hal ini bukanlah langkah yang tepat, sebab hampir semua minuman energi mengandung banyak gula serta zat lainnya yang dapat membahayakan kesehatan tubuh dan membuat program diet menjadi gagal.

  1. Keripik kentang

Hampir semua orang menyukai keripik, terutama keripik kentang yang renyah dan terasa gurih di lidah. Namun kalori dalam panganan yang satu ini cukup tinggi, sehingga sangat tidak disarankan bagi yang berdiet, keripik kentang juga mengandung banyak garam yang dapat merugikan kesehatan.

  1. Keju

Makanan olahan yang terbuat dari susu ini telah mengalami fermentasi dan proses yang cukup panjang. Meski rasanya lezat, keju menjadi pantangan bagi yang sedang berdiet, sebab makanan ini mengandung banyak kalori di dalamnya.

  1. Jus

Jus adalah pilihan yang tepat bagi yang sedang diet, terutama yang berasal dari buah dan sayuran segar tanpa tambahan bahan apapun. Namun pada kenyataannya, hampir semua orang akan menambahkan gula, susu, serta tambahan lainnya ke dalam jus mereka, dan ini akan merusak diet karena kalorinya tinggi.

  1. Daging olahan

bahaya daging olahan bagi tubuh
@junkfoodfact

Ada banyak makanan olahan yang berasal dari daging, seperti: nugget, sosis, dan yang lainnya. Berbagai makanan ini mengandung bahan tambahan serta pengawet, sehingga dapat merusak program diet. Selain itu, daging olahan juga memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi.

  1. Biskuit

Rasanya yang manis renyah membuat makanan ini sangat disukai. Namun bagi yang berdiet, biskuit bukanlah pilihan yang tepat. Selain mengandung lemak dan gula, makanan ini juga tinggi kalori.

Menjalankan diet tidaklah selalu sesulit yang dibayangkan, terutama jika memiliki komitmen yang jelas sejak awal. Pahami aturan serta berbagai makanan yang harus dihindari ini, agar diet berjalan baik dan tubuh tetap sehat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close