Manfaat Kesehatan

17 Manfaat Hebat Kubis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

17 Manfaat Hebat Kubis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat kesehatan dari kubis termasuk sering digunakan sebagai pengobatan untuk sembelit, sakit maag, sakit kepala, obesitas, kelainan kulit, eksim, penyakit kuning, kudis, rematik, artritis, asam urat, gangguan mata, penyakit jantung dan penyakit Alzheimer.

Manfaat Kesehatan Dari Kubis

Tahukah Anda bahwa kubis murah dan banyak digunakan praktis bisa melakukan keajaiban? Lihatlah yang manfaatnya berikut ini :

  1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat kesehatan kubis yang paling terkenal adalah   kualitas antioksidannya yang sangat kuat . Ini berarti bahwa kubis dan sayuran sejenis lainnya mengais radikal bebas dari tubuh, yang dapat merusak kesehatan secara keseluruhan dan merupakan kontributor utama kanker dan penyakit jantung.Kubis juga memiliki sejumlah senyawa anti kanker, seperti lupeol, sinigrin, dan sulforaphane, yang diketahui dapat merangsang aktivitas enzim dan menghambat pertumbuhan tumor yang menyebabkan kanker. Satu studi, yang dilakukan terutama pada wanita China, menunjukkan penurunan yang signifikan pada kanker payudara saat sayuran seperti kubis ditambahkan secara teratur ke makanan mereka.

  1. Agen anti radang

Kubis diketahui mengumpulkan akumulasi kompleks pengikat kadmium di dedaunya dan salah satu komponen utamanya adalah glutamin. Glutamin adalah zat antiinflamasi yang kuat, sehingga memakan kol bisa mengurangi efek dari berbagai jenis radang, iritasi, alergi , nyeri sendi, demam , dan berbagai kelainan kulit.

  1. Meningkatkan Visual

Kubis adalah sumber  beta karoten yang kaya , begitu banyak orang, terutama saat mereka bertambah tua, beralih ke kubis karena kemampuannya mencegah degenerasi makula dan meningkatkan kesehatan mata yang baik dan menunda pembentukan katarak. Beta-karoten juga telah dikaitkan positif  kemungkinan berkurang  dari kanker prostat , yang merupakan bonus tambahan di atas efek anti-karsinogenik lainnya kubis!

  1. Berat Badan

Kubis sering direkomendasikan bagi orang yang  ingin  menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Karena kubis dikemas dengan banyak vitamin , mineral , dan nutrisi bermanfaat lainnya, ini adalah pilihan makanan sehat bagi orang untuk makan dan cukup kenyang karena memiliki kadar serat tinggi, yang menambah jumlah besar pada usus. Hal ini juga rendah kalori, sebesar hanya 33 kalori dalam secangkir kubis yang dimasak. Oleh karena itu, orang bisa menjalani diet “sup kubis” yang populer, dan menyantap banyak makanan agar tetap sehat, tanpa menambah berat badan!

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Jangan lupa bahwa kubis adalah makanan otak yang sangat kuat! Kehadiran vitamin K dan antosianin dalam kubis dapat memberikan dorongan kuat untuk fungsi mental dan konsentrasi . Vitamin K sangat penting untuk produksi spedolipid, selubung myelin di sekitar saraf. Pembungkus ini adalah apa yang melindungi saraf dari kerusakan dan pembusukan. Karena itu, mengonsumsi vitamin K dapat memperbaiki pertahanan Anda terhadap degenerasi saraf, penyakit Alzheimer, dan demensia .

  1. Meningkatkan Tulang

Kubis, dan juga semua sayuran, adalah sumber mineral yang hebat, seperti kalsium , magnesium , dan potassium . Ketiga mineral penting ini terpisahkan dalam melindungi tulang dari degradasi dan timbulnya kondisi seperti osteoporosis dan melemahnya tulang secara umum.

  1. Kubis Mengatur Tekanan Darah

Kehadiran potasium di kubis juga menjadikannya cara yang bagus untuk melindungi diri dari tekanan darah tinggi, yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Kalium adalah vasodilator, yang berarti membuka pembuluh darah dan memudahkan aliran darah, sehingga tidak dipaksa dengan cara yang menghambat stres melalui arteri dan vena yang menyempit. Secara keseluruhan, kubis adalah perisai yang hebat terhadap berbagai jenis kondisi berbahaya!

  1. Perawatan kulit

Seperti telah disebutkan, kubis kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C, anthocyanin, dan belerang, karena ini adalah sayuran cruciferous. Antioksidan memainkan peran penting dalam kesehatan kulit dan pengencangan umum dan perbaikan tubuh sebagai  respons  terhadap proses penuaan. Radikal bebas bisa menjadi penyebab kerutan, perubahan warna kulit, bintik-bintik, dan banyak kondisi lainnya. Oleh karena itu, antioksidan yang Anda dapatkan dengan mengonsumsi kolitis dapat menyebabkan turn-around dalam proses penuaan Anda, membuat Anda merasa sehat dan muda.

  1. Mengurangi Nyeri otot

Bila bakteri tertentu memfermentasi gula di kubis selama pembuatan asinan kubis , asam laktat  dilepaskan . Ini bukan senyawa yang paling mudah ditemukan dalam makanan, namun terbukti mengurangi nyeri otot dan nyeri, sehingga dengan cara yang kecil, kubis dapat membantu penghilang rasa sakit dan nyeri otot secara umum, tergantung pada bagaimana disiapkan.

  1. Detoksifikasi Tubuh

Kubis juga berfungsi sebagai detoksifikasi yang baik, yang berarti memurnikan darah dan menghilangkan racun, terutama radikal bebas dan asam urat yang merupakan penyebab utama rematik, asam urat, artritis, kalkuli ginjal, penyakit kulit, dan eksim. Efek detoksifikasi kubis ini karena kandungan vitamin C dan sulfur yang tinggi di dalamnya.

  1. Kaya Nutrisi

Meskipun kubis sangat rendah kalori, ia memiliki profil nutrisi yang mengesankan.Sebenarnya, hanya 1 cangkir (89 gram) kubis hijau mentah yang mengandung :

  • Kalori: 22
  • Protein: 1 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin K: 85% dari RDI
  • Vitamin C: 54% dari RDI
  • Folat: 10% dari RDI
  • Mangan: 7% dari RDI
  • Vitamin B6: 6% dari RDI
  • Kalsium: 4% dari RDI
  • Kalium: 4% dari RDI
  • Magnesium: 3% dari RDI
  • Kubis juga mengandung sejumlah mikronutrien kecil lainnya, termasuk vitamin A, besi dan riboflavin.

Seperti yang dapat Anda lihat dalam daftar di atas, kaya akan vitamin B6 dan folat, yang keduanya penting untuk banyak proses penting dalam tubuh, termasuk metabolisme energi dan fungsi normal sistem saraf.Selain itu, kubis mengandung serat tinggi dan mengandung antioksidan kuat, termasuk senyawa polifenol dan belerang.

Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang memiliki jumlah ganjil elektron, membuatnya tidak stabil. Ketika tingkat mereka menjadi terlalu tinggi, mereka bisa merusak sel Anda.Kubis sangat tinggi mengandung vitamin C, antioksidan kuat yang dapat melindungi terhadap penyakit jantung, kanker dan kehilangan penglihatan tertentu .

  1. Dapat Membantu Menjaga Inflamasi

Peradangan tidak selalu hal yang buruk.Sebenarnya, tubuh Anda bergantung pada respons inflamasi untuk melindungi terhadap infeksi atau mempercepat penyembuhan. Jenis peradangan akut ini adalah respons normal terhadap luka atau infeksi.

Di sisi lain, peradangan kronis yang terjadi dalam jangka waktu lama dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, rheumatoid arthritis dan penyakit radang usus. Sayuran seperti kubis mengandung banyak antioksidan berbeda yang terbukti mengurangi peradangan kronis.

  1. Kubis Dikemas Dengan Vitamin C

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah vitamin yang larut dalam air yang banyak berperan penting dalam tubuh.Misalnya, dibutuhkan kolagen, protein paling melimpah di tubuh. Kolagen memberi struktur dan fleksibilitas pada kulit dan sangat penting untuk memfungsikan tulang, otot dan pembuluh darah dengan baik. Selain itu, vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi non-heme, jenis besi yang ditemukan pada makanan nabati .

  1. Membantu Memperbaiki Pencernaan

Jika Anda ingin memperbaiki kesehatan pencernaan Anda, kubis kaya serat adalah cara untuk melakukannya.Sayuran renyah ini penuh dengan serat tak larut dalam usus , sejenis karbohidrat yang tidak bisa dipecah dalam usus. Serat yang tidak larut membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan menambahkan curah ke tinja dan mendorong buang air besar secara teratur. Terlebih lagi, kaya akan serat larut, yang telah terbukti dapat meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di usus. Ini karena serat merupakan sumber bahan bakar utama untuk spesies ramah seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli.

  1. Bantu Jaga Jantung Anda Sehat

Kubis merah mengandung senyawa kuat yang disebut anthocyanin. Mereka memberi sayuran lezat ini warna ungu yang semarak.Anthocyanin adalah pigmen tumbuhan yang termasuk dalam keluarga flavonoid.Banyak penelitian telah menemukan kaitan antara mengonsumsi makanan kaya pigmen ini dan mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Bisa Membantu Menurunkan Tingkat Kolesterol

Kolesterol adalah zat berlemak dan mirip lemak yang ditemukan di setiap sel di tubuh Anda.Beberapa orang menganggap semua kolesterol itu buruk, tapi penting bagi fungsi tubuh yang tepat.Proses kritis bergantung pada kolesterol, seperti pencernaan yang tepat dan sintesis hormon dan vitamin D. Namun, orang yang memiliki kolesterol tinggi juga cenderung memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, terutama bila mereka memiliki kadar kolesterol jahat “buruk”.

  1. Serat larut

Serat larut telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol LDL “buruk” dengan mengikat kolesterol di usus dan mencegahnya diserap ke dalam darah.Sebuah analisis besar terhadap 67 penelitian menunjukkan bahwa ketika orang makan serat larut 2-10 gram per hari, mereka mengalami penurunan kadar kolesterol LDL yang kecil namun signifikan sekitar 2,2 mg per dl.

Pencarian Lainnya:

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close