Manfaat Kesehatan

4 Cara Mengobati Diare Dengan Mudah Tanpa Obat Kimia

4 Cara Mengobati Diare Dengan Mudah Tanpa Obat Kimia

Diare adalah jenis umum dari gangguan saluran cerna atau diakibatkan oleh infeksi. Hal ini menyebabkan pemakaian perut yang sering dan berlebihan dalam bentuk tinja yang tidak berair dan sakit perut. Jika Anda atau salah satu dari anak Anda baru saja mengalami diare, pertanyaan pertama yang mungkin Anda tanyakan adalah “Bisakah Anda memberi tahu saya bagaimana cara menghentikan diare dengan cepat tanpa obat kimia?”

Jika Anda mengalami gejala yang dijelaskan di atas, Anda mungkin terkena kasus diare akut. Diare akut berlangsung satu atau dua minggu saat Anda sedang sakit sementara. Atau Anda mungkin menderita diare kronis, yang bertahan lebih lama dari beberapa minggu. Anda menderita diare adalah Anda memiliki tinja yang sangat longgar atau berair tiga kali atau lebih dalam waktu 24 jam. Percaya atau tidak, diare akut bisa menjadi salah satu mekanisme pertahanan tubuh terbaik melawan infeksi atau virus sementara.

Gejala diare kronis, sedikit berbeda. Mereka cenderung datang dan pergi tergantung pada faktor diet dan gaya hidup lainnya. Ini termasuk keadaan sistem kekebalan tubuh Anda dan tingkat stres yang  Anda hadapi. Penelitian menunjukkan bahwa diare kronis / persisten terjadi pada sekitar 3 persen orang yang bepergian ke negara berkembang.

Diare akut biasanya mudah diobati tanpa pengobatan atau intervensi serius. Namun, diare kronis lebih bermasalah. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan kekurangan nutrisi jika tidak ditangani dengan benar. Kabar baiknya adalah ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk mengobati secara alami kedua jenis diare tersebut. Di bawah ini Anda akan belajar tentang langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menebalkan kotoran Anda, rehydrate dan mengatasi gejala diare.

Apa Penyebab Diare?

Diare adalah reaksi alami terhadap dehidrasi, infeksi atau racun yang perlu dikeluarkan dari sistem pencernaan. Contohnya termasuk beberapa jenis bakteri, parasit, alergi makanan atau mikroba lainnya. Salah satu risiko yang terkait dengan diare adalah membuat Anda menjadi lebih dehidrasi dan sakit jika Anda sudah sakit. Hal ini karena membuat tubuh kehilangan terlalu banyak air dan mineral, termasuk elektrolit seperti sodium, terlalu cepat.Jika Anda belum terbiasa dengan gejala khas diare, berikut ini yang paling umum:

  • Sering buang air besar, termasuk pergi ke kamar mandi lebih dari 1-2 kali sehari
  • Tinja berair, atau “longgar” tinja
  • Sakit perut, kram dan kadang perut kembung ,
  • Terkadang mual dan muntah
  • Sakit perut dan terkadang kehilangan nafsu makan, sulit makan cukup dan / atau penurunan berat badan
  • Meningkatnya haus, karena kehilangan air lebih banyak dari biasanya saat sering pergi ke kamar mandi
  • Terkadang gejala demam tergantung pada apa yang menyebabkan diare (seperti infeksi atau penyakit)
  • Gejala dehidrasi , yang bisa meliputi kelemahan, kabut otak, sakit perut, pusing dan tekanan darah berubah

Kunci untuk belajar bagaimana menghentikan gejala diare begitu mereka mulai, dan juga mencegah mereka kembali ke masa depan, bergantung pada penyebab kondisi yang mendasarinya. Diare bisa berkembang karena berbagai alasan, termasuk dehidrasi, penyakit atau keracunan makanan. Anak-anak, bayi, orang dewasa dan orang tua mungkin semua menderita diare karena alasan yang berbeda.

Faktor Risiko Diare

Apa yang menyebabkan diare berair pada orang dewasa paling sering? Penyebab dan faktor risiko diare pada orang dewasa meliputi:

  • Infeksi bakteri. Ini bisa dilewatkan dari orang ke orang, atau diangkat dari permukaan yang terkontaminasi.
  • Alergi makanan , seperti intoleransi laktosa (sejenis gula yang ditemukan pada susu). Para ahli percaya bahwa intoleransi laktosa adalah salah satu alasan paling umum mengapa anak-anak dan orang dewasa menderita diare, terutama saat penyakit ini kronis. Apa yang sulit tentang intoleransi laktosa adalah bahwa hal itu mungkin tidak dimulai sampai masa dewasa Anda, atau muncul karena perubahan hormon seperti kehamilan.
  • Minum air yang terkontaminasi, yang bisa mengandung parasit, bakteri, dll.
  • Keracunan makanan, karena memakan makanan yang terkontaminasi dengan beberapa jenis mikroba berbahaya.
  • Dehidrasi (tidak minum cukup air atau kehilangan terlalu banyak air dari muntah / penyakit atau penyebab lainnya).
  • Kurangnya pencernaan dan kondisi yang terkait seperti irritable bowel syndrome (IBS) , penyakit usus inflamasi (IBD), atau penyakit autoimun seperti penyakit Crohn .
  • Terlalu banyak makan atau minum banyak cairan terlalu cepat.
  • Makan terlalu banyak buah mentah atau terlalu matang.
  • Makan terlalu banyak makanan berminyak yang sulit dicerna dengan baik.
  • Konsumsi kafein atau alkohol berlebih, yang bisa menyebabkan dehidrasi dan gangguan pencernaan.
  • Emosional stres dan kecemasan.

Karena efek samping dari mengkonsumsi obat tertentu, terutama antasida. Para ahli berpikir bahwa antasida adalah penyebab paling umum dari diare terkait obat karena mengandung magnesium, yang bisa membuat tinja terlalu encer. Jika Anda menggunakan obat ini untuk mengendalikan gejala asam surutnya , paling baik mencoba dan mengatasi penyebab gangguan pencernaan. Atau jika Anda harus minum obat, cobalah yang tidak mengandung magnesium dan menurunkan dosis Anda.

Pengobatan Konvensional untuk Diare

Kecuali Anda pernah mengalami gejala diare selama lebih dari satu sampai dua minggu, terutama jika Anda tidak yakin mengapa hal itu terjadi dan tampaknya tidak membaik dari perawatan yang dijelaskan di atas, biasanya Anda tidak perlu melihat dokter. Jika Anda memutuskan untuk mendapatkan pendapat profesional, dokter Anda mungkin akan merekomendasikan beberapa perawatan berikut untuk diare:

  1. Makan Makanan yang Menenangkan dan Yang Mudah Dicerna

Apa yang anda makan saat diare? Berikut adalah beberapa makanan unggulan yang dapat membantu Anda menghentikan gejala diare:

Makanlah dengan porsi ringan, semakin banyak makanan yang Anda konsumsi, semakin sulit organ pencernaan Anda bekerja. Anda mungkin tidak akan memiliki terlalu banyak nafsu makan saat Anda menderita diare, jadi cobalah untuk makan sejumlah kecil yang menyebar sepanjang hari.

Makanan sederhana yang mudah dicerna dan tetap dengan makanan hambar seperti biji-bijian sederhana, apel, pisang dan nasi beberapa hari pertama. Makanan ini mudah di sistem pencernaan dan bisa memberi beberapa serat untuk membantu menambahkan curah ke tinja.

  • Minyak biji rami: ini telah terbukti mengurangi durasi diare.
  • Buah dan sayuran: ini menyediakan air, serat dan elektrolit. Cobalah membuat smoothie atau sorbet dengan buah, dan mengukus sayuran agar lebih mudah dicerna. Pantau gejala Anda untuk memastikannya tidak bertambah buruk, karena beberapa orang bereaksi buruk terhadap terlalu banyak gula alami.
  • Madu mentah dan jahe: beberapa orang menemukan bahwa sejumlah kecil madu dan jahe ditambahkan ke teh herbal (lihat di bawah) membantu menenangkan perut mereka dan mengurangi iritasi.
  1. Tetap Terhidrasi

Mau tahu bagaimana cara menghentikan gejala diare seperti pusing atau kelemahan yang berhubungan dengan dehidrasi? Minum cukup air sangat penting saat Anda kehilangan banyak tinja. Untuk menjaga gejala dehidrasi semakin parah saat Anda diare, cobalah minum 16 ons cairan setiap jam. Anda juga bisa mendapatkan cairan melalui minuman kaldu buatan buatan sendiri,  yang selanjutnya akan memberi banyak nutrisi yang Anda perlukan (seperti asam amino dan elektrolit). Teh herbal termasuk jahe, peppermint, oat bark, licorice / adas atau teh delima (non-berkafein) juga bisa membantu menenangkan perut Anda.

  1. Istirahat Cukup

Hindari terlalu banyak olahraga atau aktivitas fisik yang berat saat Anda menghadapi diare. Kemungkinan Anda akan merasa lemah dan sedikit lari ke bawah dan Anda mungkin tidak akan tidur nyenyak sementara gejala Anda tetap ada. Beri tubuh Anda kesempatan untuk pulih dengan cukup tidur (8 jam per malam atau lebih), santai saja, dan usahakan agar tingkat stres Anda turun.

  1. Suplemen

Suplemen tertentu dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan secara keseluruhan, memungkinkan Anda mengolah makanan dan nutrisi yang Anda konsumsi dengan lebih mudah, dan menenangkan perut yang sakit. Berikut yang dirankan:

  • Probiotik (50 miliar unit sehari): Probiotik membantu melawan infeksi dan dapat membantu menjajah kembali usus dengan bakteri sehat. Ini tersedia dalam bentuk suplemen dan juga makanan berbudaya / fermentasi.
  • Enzim Pencernaan (2 sebelum makan): Enzim ini akan membantu penyerapan nutrisi.
  • Serbuk glutamin (5 gram 2x sehari): Glutamin adalah asam amino yang membantu memperbaiki saluran pencernaan, terutama yang penting bagi orang dengan diare kronis. Ini tersedia dalam bentuk suplemen dan juga alami dalam kaldu tulang.
  • Jus Lidah Buaya (1/2 cangkir diambil sekitar 3x sehari): lidah buayamembantu menyembuhkan lapisan sistem pencernaan dan feses menjadi mudah diurai.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close