Tips Kehamilan

8 Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu hamil

Pada masa kehamilan perlu diperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi untuk ibu dan juga untuk anak sangat perlu diperhatikan dalam pemilihan makanan. Makanan yang akan dikonsumsi tentunya haruslah sehat dan kaya akan nutrisi hal ini dilakukan agar kesehatan janin dalam kandungan tetap terjaga.

8 Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu hamil

Salah satu makanan bergizi yang perlu dikonsumsi saat masa kehamilan selain daging dan juga telur yaitu ikan. Ikan selain dikenal lezat rupanya memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk kesehatan ibu hamil. Selain itu ikan mempunyai manfaat menjaga kestabilan gizi dalam kandungan dan juga kesehatan bayi dalam kandungan agar selalu sehat. Ikan merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan protein.

Ikan mempunyai kandungan gizi yang sangat kaya diantaranya yaitu kandungan asam lemak omega-3, kalsium, fosfor, vitamin D dan juga vitamin B2(riboflavin), lalu kandungan mineral yang ada pada ikan diantaranya yaitu zat besi, yodium, magnesium dan kalium.

Ikan yang baik untuk ibu hamil yaitu ikan yang kaya akan omega-3 hal itu memberikan manfaat untuk perkembangan bayi dalam kandungan sedangkan manfaat untuk ibu hamil yaitu sebagai penjaga sistem kekebalan tubuh sang ibu. Namun perlu diketahui ada beberapa jenis ikan yang mengandung zat berbahaya seperti zat merkuri dan juga hanya ada beberapa jenis ikan yang disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil. Oleh karena itu perlulah mengetahui jenis ikan yang baik untuk ibu hamil. Apa saja sih jenis ikan yang baik untuk ibu hamil ? Simak pembahasannya dibawah ini!

  1. Ikan Salmon

Jenis ikan yang baik untuk ibu hamil yang pertama yaitu ikan salmon. Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Meskipun kebanyakan ikan laut mengandung merkuri akan tetapi ikan salmon mengandung merkuri yang rendah bahkan ada yang tidak mengandung merkuri. Kandungan asam lemak omega-3 EPA dan DHA pada ikan salmon sangat tinggi sehingga sangat baik untuk pembentukan organin otak dan juga pertumbuhan penglihatan pada janin dalam kandungan.

Sedangkan manfaat untuk ibu yaitu kandungan omega-3 dapat mengurangi resiko terjadinya kelahiran premature dan juga menjaga kesehatan jantung ibu hamil. Kandungan DHA pada ikan salmon dalam berfungsi mengoptimalkan penglihatan sang janin, sedangkan EPA mempunyai fungsi membentuk sel darah dan juga pembentukan organ jantung. Kandungan protein dan vitamin pada ikan salmon mempunyai fungsi untuk pertumbuhan sistem kekebalan tubuh.

  1. Ikan Sarden

Jenis ikan yang kedua yaitu ikan sarden. Ikan sarden mempunyai kandungan protein yang tinggi. Manfaat ikan sarden untuk ibu hamil yaitu dapat membuat janin dalam kandungan tumbuh dengan cerdas, dapat mencegah penyakit yang akan terjadi pada sistem tiroid, ikan sarden merupakan salah satu sumber kalsium dalam pembentukan tulang pada janin.

Kandungan merkuri pada ikan sardenpun biasanya sangat rendah maka ikan yang mengandung kandungan merkuri yang rendah baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Akan tetapi tetap perlu diperhatikan dalam pemilihan ikan sarden jangan sampai memilih ikan sarden yang salah. Beberapa ikan sarden kaleng memiliki zat sodium yang cukup tinggi sehingga untuk ibu hamil yang mempunyai riwayat hipertensi pastikan memilih ikan sarden kaleng yang mengandung zat sodium yang rendah.

  1. Ikan Mas

Ikan mas merupakan jenis ikan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Ikan mas diyakini tidak mengandung merkuri karena habitat ikan mas cenderung lebih rendah terjadi pencemaran air dibandingkan ikan yang tumbuh di air laut. Oleh karena itu ikan mas sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kandungan gizi ikan mas diantaranya yaitu protein, kalsium, lemak, fosfor dan juga vitamin. Kandungan gizi tersebut sangat memberikan manfaat untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.

  1. Ikan Gabus

Jenis ikan yang keempat yaitu ikan gabus. Ikan gabus atau channa striata(bahasa latin) merupakan salah satu ikan yang banyak sekali ditemukan di perairan yang ada di Indonesia. Namun siapa sangka ternyata ikan gabus mempunyai kandungan gizi yang tinggi.

Tak banyak orang mengetahui bahwa kandungan mineral dan mikronutrien pada ikan gabus ternyata lebih tinggi dibandingkan ikan salmon. Kandungan gizi pada ikan gabus diantaranya yaitu asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

  1. Ikan Teri

Ikan teri meskipun mempunyai ukuran yang kecil namun ternyata mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Kandugan gizi yang tinggi pada ikan teri diantaranya yaitu kalsium, kandungan tersebut memberikan manfaat dalam pembentukan tulang dan gigi pada janin dalam kandungan.

Selain kandungan kalsium ikan teri mengandung protein, fosfor, mineral dan beberapa jenis vitamin. Sedangkan manfaat untuk ibu hamil yaitu mengatasi rasa lelah, mencegah terjadinya anemia dan membantu mengatur dalam proses pembentukan energy. Kelebihan ikan teri dari pada ikan lain yaitu harga yang terjangkau dan sangat mudah untuk didapatkan.

  1. Ikan Lele

Jenis ikan selanjutnya yaitu ikan lele. Lele merupakan salah satu jenis ikan favorite warga Indonesia. Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar sehingga kandungan merkuri pada ikan lele pun cenderung lebih rendah dari pada ikan lainnya. Ikan lele mempunyai kandungan lemak dan juga protein yang tinggi.

Ikan lele mempunyai manfaat untuk kesehatan ibu dan juga janin, ikan leleh dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan yang lebih baik pada janin dalam kandungan. Sama halnya dengan 5 ikan diatas, ikan lele mempunyai kandungan fosfor dan juga kalium yang cukup tinggi sehingga mempermudah pertumbuhan tulang dan gigi pada janin dalam kandungan.

  1. Ikan Nila

Jenis ikan yang baik untuk ibu hamil yang ke delapan yaitu ikan nila. Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Ikan nila merupakan ikan berwarna hitam atau keabuan dengan mempunyai garis-garis pada badan. Ikan nilai dapat dijadikan rekomendasi untuk ibu hamil yang mempunyai gangguan pada kolesterol. Ikan nila mempunyai kandungan lemak yang rendah dibandingkan ikan lainnya sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi.

Selain kadar lemak yang rendah, ikan nila mengandung berbagai gizi yang baik diantaranya fosfor, selenium niacin dan vitamin B12. Fosfor mempunyai manfaat dalam proses pembentukan tulang pada janin dan mencegah terjadi pengeroposan tulang pada ibu. Sedangkan niacin mempunyai manfaat memberikan energy tambahan pada ibu. Kandungan selenium mempunyai manfaat dalam mencegah terjadinya kanker dan vitamin B12 mempunyai manfaat dalam proses pembentukan sel darah merah.

  1. Ikan Tuna

Jenis ikan yang terakhir yaitu ikan tuna. Meskipun beberapa pendapat mengatakan bahwa ikan tuna tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil akan tetapi faktanya ikan tuna tidak dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi ikan tuna. Ibu hamil jangan mengonsumsi ikan tuna berlebih maksimal hanya 8 hingga 12 ons ikan tuna yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil guna mengurangi resiko terkena dampak merkuri yang berada pada ikan tuna. Ibu hamil dapat mengkonsumsi ikan tuna sebanyak 2 hingga 3 porsi dalam jangka waktu satu minggu.

Ibu hamil dilarang mengkonsumsi ikan tuna yang mentah bahkan yang setengah matang pun dilarang, konsumsilah ikan tuna yang benar-benar matang. Konsumsilah ikan tuna sesuai dengan ketentuan jangan mengkonsumsi yang berlebih agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

Selain 8 jenis ikan diatas ada beberapa jenis ikan yang baik untuk ibu hamil diantaranya yaitu ikan bandeng dan juga ikan gurame. Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil agar kesehatan janin tetap terjaga dan juga pertumbuhan janin terjadi dengan cepat.

Ikan pindang untuk ibu hamil sangat bagus untuk kita ketahui guna menjaga tumbuh kembang janin yang di kandung.

Perhatikan selalu jenis makanan yang akan dikonsumsi pastikan makanan yang bergizi juga aman untuk kesehatan. Sekian pembahasan mengenai 8 jenis ikan yang baik untuk ibu hamil, semoga artikel ini memberikan manfaat. Salam sehat dan sukses selalu.

Pencarian Lainnya:

Tags

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close