Artikel PremiumManfaat Kesehatan

8 Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Ibu harus mengkonsumsi asam folat pada saat akan merencanakan kehamilan atau pada saat sedang menjalani masa kehamilan trimester pertama hingga berakhirnya masa kehamilan. Pada saat hamil, ibu disarankan untuk mengkonsumsi folat sebanyak lebih dari 400 microgram setiap harinya.Lalu seberapa pentingkah folat untuk ibu hamil ini?Folat ini berperan penting untuk memproduksi sel darah merah dan dapat membantu tabung saraf bayi ibu untuk berkembang ke otak dan juga sumsum bagian tulang belakang.Folat juga dikenal sebagai sumber Vitamin B9.Folat dapat membantu tubuh untuk melakukan banyak fungsi penting seperti biosintetis nukleotida didalam sel, sintetis dan juga perbaikan DNA, pembuatan sel darah merah, dan dapat mencegah anemia.

Folat ini dapat ditemui pada beberapa makanan yang dikonsumsi sehari hari seperti :

  1. Asparagus

Cobalah untuk menikmati sayuran ini tanpa mencampurkannya dengan makanan yang lainnya. Dengan mengkonsumsi satu cangkir asparagus rebus maka akan terpenuhinya folat sebanyak 262 mcg. Asparagus tidak hanya mengandung folat saja tetapi juga mengandung Vitamin K, Vitamin C, dan Vitamin A.

  1. Brokoli

Kandungan folat didalam brokoli tinggi sehingga jika awalnya ibu tidak suka, maka mulai sekarang harus mulai menyukainya.Sebaiknya brokoli ini ibu nikmati secara utuh mentah atau dikukus sebentar. Tetapi jika ibu masih tidak suka maka bisa menambahkannya kedalam sup kentang yang ditumbuk.

  1. Buah Jeruk

Kandungan folat yang tinggi juga bisa ibu dapatkan dari buah jeruk. Didalam satu buah jeruk mengandung 50mcg folat dan segelas jus buah jeruk tanpa air dan ditambahkan gula pastinya akan mengandung folat lebih banyak lagi.

  1. Bayam

Tidak heran jika orang tua kita sejak dahulu selalu memberikan sayur bayam, karena didalam sayuran ini adanya folat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh terlebih untuk bayi yang masih ada didalam kandungan.

  1. Kacang Kacangan

Kacang kacangan juga mengandung folat yang hebat, dan salah satunya adalah jenis kacang lentil. Dimana kacang ini mengandung 180mcg folat didalam setiap porsi ½ gelas, atau hampir 50 % dari Recommended Daily Intake (RDI).

  1. Biji Bunga Matahari

Untuk memenuhi folat diawal masa kehamilan bisa dilakukan dengan mengemil kuaci atau biji Bunga matahari.Didalam 1 ons biji bunga matahari yang telah dikupas mengandung folat sebanyak 82mcg.Biji bunga matahari ini selain dapat dijadikan cemilan tetapi juga dapat ditambahkan ke sereal granola untuk beberapa makanan tambahan seperti roti, atau juga bisa ditaburkan keatas salad dan sup untuk menambahkan teksturnya.

  1. Kembang Kol

Sayuran hijau lain yang mengandung folat tinggi adalah kembang kol. Kandungan serat yang ada didalam kembang kol ini tinggi dan secara efektif dapat membantu mengurangi sembelit.Dengan mengkonsumsi satu cangkir kembang kol maka akan dapat memberikan folat sebanyak 55mcg atau sekitar 14 % dari nilai harian folat yang dianjurkan.

  1. Alpukat

Untuk ibu hamil juga, mengkonsumsi alpukat dapat menjadi sumber untuk mendapatkan folat. Mengkonsumsi secangkir alpukat yang diiris maka akan mendapatkan folat sebanyak 90mcg. Tetapi tidak hanya mengandung folat saja karena alpukat juga mengandung asam lemak 3 dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung ibu dan juga perkembangan otak bayi.

Selain itu masih ada makanan yang lainnya seperti roti, sereal, dan kuning telur.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close