Tips Kesehatan

9 Makanan Sehat untuk Membantu Meningkatkan Konsentrasi

Pernahkah Anda mengalami tidak konsentrasi terhadap suatu hal? Atau merasa kurang focus terhadap sesuatu yang sedang dikerjakan? Jawabannya pasti ya. Setiap orang tentunya pernah mengalami tidak konsentrasi dan tidak focus terhadap suatu hal. Biasanya hal tersebut disebabkan karena seseorang sedang memikirkan banyak hal sehingga munculah ketidak konsentrasian tersebut.

9 Makanan Sehat untuk Membantu Meningkatkan Konsentrasi

Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya tingkat konsentrasi seseorang dipengaruhi oleh energy tubuh, energy tubuh tersebut dipengaruhi oleh menu makan sehari-hari. Jenis makanan yang dikonsumsi rupanya memiliki peranan yang penting untuk aliran oksigen dan juga darah menuju otak. Aliran oksigen dan darah menuju otak mempengaruhi tingkat konsentrasi seseorang ketika melakukan berbagai kegiatan.

Menu makanan yang dikonsumsi seseorang mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya mempunyai khasiat khusus untuk meningkatkan tingkat konsentrasi dan juga tingkat kecerdasan seseorang.

Sehingga muncullah istilah makanan Brain Food, makanan yang dipercaya mempunyai khasiat untuk meningkatkan kecerdasan dan juga meningkatkan konsentrasi seseorang. Oleh karena itu perlulah memilih menu yang sehat dan baik untuk kesehatan otak agar kita dapat lebih focus terhadap suatu hal. Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai makanan sehat untuk membantu meningkatkan konsentrasi. Simak pembahasannya dibawah ini!

  • Salmon

Salmon merupakan jenis ikan laut yang mengandung asam lemak omega-3 dan juga DHA. Omega-3 dan DHA pada ikan salmon mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh terutama pada kesehatan otak diantaranya yaitu membantu membangun sel-sel pada otak, membantu memperlambat terjadinya penurunan kognitif dan yang terakhir dapat memperkuat sinapsis otak termasuk membuat kita tetap konsentrasi terhadap suatu hal yang sedang dilakukan.

Selain untuk kesehatan otak banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dari ikan salmon, oleh karena itu konsumsilah 2 hingga 3 porsi ikan salmon dalam seminggu.

  • Gandum

Gandum merupakan makanan sehat yang dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi. Otak membutuhkan suplai glukosa yang mempunyai sifat stabil, dengan mengkonsumsi gandum maka kebutuhan tersebut dari gandum. Kandungan serat pada gandum dapat membantu menyuplai glukosa, selain itu gandum juga mempunyai kandungan vitamin B yang mempunyai manfaat untuk sistem saraf dalam tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan otak tersebut maka konsumsilah gandum atau dapat berupa sereal oatmeal setiap sarapan. Dengan mengganti menu sarapan oleh oatmeal maka dipercaya dapat membantu meningkatkan konsentrasi seseorang dan juga membantu mempertahankan daya ingat seseorang.

  • Blueberry dan buah berry lainnya

Blueberry dan jenis buah berry lainnya seperti strawberry, blackberry dan raspberry mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut meliputi vitamin C dan juga pada biji buah berry rupanya mengandung asam lemak omega-3. Menurut beberapa studi penelitian menemukan hasil bahwa ekstrak pada buah berry mempunyai manfaat memperbaiki fungsi daya ingat seseorang.

Antioksidan pada buah berry mempunyai khasiat mengaktifkan enzim yang berfungsi dalam melindungi otak, bahkan menurut beberapa penelitian buah berry dapat mencegah penyakit mengerikan seperti Alzheimer. Cara mengkonsumsinya dapat dengan langsung memakannya atau dapat dicampurkan dengan oatmeal atau dibuat salad.

  • Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, selain harga yang terjangkau telur juga merupakan sumber protein. Walaupun dalam kuning telur mempunyai kandungan kolesterol yang cukup tinggi akan tetapi pada kuning telur terdapat kolin yaitu zat yang mempunyai manfaat dalam mengembangkan daya ingat atau memori sehingga kita akan mudah berkonsentrasi.

Kandungan omega-3 pada telur juga dapat memberikan manfaat meningkatkan daya ingat, meningkatkan focus dan juga meningkatkan kinerja otak pada otak seseorang.

  • Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan sudah terbukti mempunyai banyak khasiat untuk tubuh terutama jenis kacang almond dan juga kenari. Kacang almond dan kenari dipercaya dapat membantu meningkatkan tingkat konsentrasi seseorang. Hal tersebut disebabkan karena kacang almond dan kenari mengandung antioksidan, vitamin B6, vitamin E dan juga alpha linolenic acid.

Kandungan nutrisi terbut berfungsi dalam menjaga kesehatan sistem saraf manusia dan juga mencegah terjadinya berbagai gangguan pada otak. Selain almond dan kenari kacang tanah pun mempunyai manfaat yang sama. Oleh karena itu Anda dapat mengkonsumsi cemilan yang terbuat dari almond, kenari ataupun kacang tanah. Jika tidak suka ngemil maka dapat menggunakan selai kacang ketika sarapan.

  • Dark Chocolate

Dark chocolate selain mempunyai cita rasa yang lezat rupanya mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh. Dalam satu batang dark chocolate terdapat berbagai kandungan nutrisi seperti magnesium, kalium, seng dan juga zat besi. Dark chocolate juga merupakan sumber antioksidan yang mempunyai fungsi memperlancar aliran darah menuju otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan focus seseorang.

Bahkan dalam beberapa studi penelitian menemukan kesimpulan bahwa setidaknya orang yang mengkonsumsi dua cangkir cokelat hitam setiap hari mengalami perubahan aliran darah ke otak. Studi penelitian lainnya yang dilakukan di tahun 2015 menemukan hasil bahwa cokelat hitam yang mengandung setidaknya 60% kakao dapat membuat otak seseorang lebih focus.

  • Kopi

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sering menemani Anda disaat pagi hari ataupun nongkrong. Pada kopi terdapat kandungan kafein, kandungan kafein tersebut mempunyai fungsi meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi Anda. Akan tetapi jangan mengkonsumsi kopi yang berlebihan karena mengkonsumsi kopi yang berlebihan dapat pula menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Sebaiknya konsumsilah kopi pada siang hari jangan malam hari karena terkadang ada beberapa jenis kopi dapat mempengaruhi pola tidur seseorang. Karena salah satu faktor yang mempengaruhi konsentrasi seseorang yaitu istirahat yang cukup.

  • Teh Hijau

Pada teh hijau rupanya mempunyai kandungan kafein, sama halnya dengan kopi bahwa kandungan kafein mempunyai khasiat dalam meningkatkan konsentrasi Anda. Akan tetapi kafein yang terkandung pada teh hijau berbeda dengan yang terkandung pada kopi, kafein pada teh hijau lebih rendah daripada kopi oleh karena itu lebih baik mengkonsumsi teh hijau daripada kopi.

Pada teh hijau terdapat kandungan amino theanine yang mempunyai fungsi meningkatkan daya ingat, daya focus dan juga daya konsentrasi pada otak. Dan perlu diketahui bahwa teh hijau sangat cocok menemani diet Anda karena teh hijau mengandung kalori yang sangat rendah.

  • Air Putih

Air putih merupakan minuman yang mempunyai banyak sekali manfaat. Didalam tubuh lebih dari 70% bahwa tubuh mengandung air, sehingga hampir setiap organ tubuh akan membutuhkan air begitupun dengan sistem saraf dan juga otak. Oleh karena itu haruslah mengkonsumsi air putih yang banyak, dengan mengkonsumsi air yang banyak maka akan terasa berbagai khasiat yang dihasilkan dari air putih.

Kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan tingkat konsentrasi Anda menurun, selain konsentrasi tingkat daya ingat pun akan mudah menurun. Beberapa gejala lain yang akan dirasakan jika kekurangan air putih yaitu mudah merasa lelah, sakit kepala, dll. Oleh karena itu konsumsilah air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari.

Jagalah kesehatan Anda dan atur gaya hidup agar tingkat konsentrasi dapat berjalan dengan baik. Selain sembilan jenis makanan tersebut ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan konsentrasi diantaranya yaitu pisang, rosemary, kunyit, alpukat, susu dan yoghurt. Sekian pembahasan 9 Makanan sehat untuk membantu meningkatkan konsentrasi. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close