Tips Kehamilan

Hindari … Inilah Gerakan Yang Membuat Keguguran

Ibu yang sedang hamil biasanya rentan terhadap keguguran jika melakukan aktifitas yang berlebihan, nah sebaiknya ketika anda sedang hamil usahakan jangan melakukan gerakan-gerakan yang berbahaya seperti mengangkat barang yang berat atau olah raga yang dapat memicu terjadinya hal tersebut.

senam yoga untuk ibu hamil
senam yoga untuk ibu hamil

Terlebih jika anda sedang hamil dalam usia kandungan yang masih muda yaitu usia kandungan di bawah 5 bulan, tentunya perlu memperhatikan hal-hal ini. Nah berikut ini beberapa gerakan yang dianggap hal sepele yang menyebabkan keguguran :

  • Senam Aerobik bisa menyebabkan keguguran

Aerobik adalah jenis senam yang dilakukan dengan gerakan-gerakan yang cukup cepat, beberapa gerakan di aerobik juga sangat tidak di anjurkan di lakukan untuk ibu hamil karena selain bisa membuat ibu hamil merasa kelelahan, otot-otot yang ada pada tubuh juga bisa menjadi tegang. ada baiknya anda hanya melakukan gerakan olah raga ringan saja seperti berjalan santai untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

  • Olah raga basket

Jenis olah raga ini sangat dilarang untuk ibu hamil menurut para ahli kandungan, karena dalam olah raga basket ada unsur gerakan lari dan melempar bola. dan resiko terbesar dari permainan basket ini adalah terjatuh, atau bertabrakan dengan lawan main.

  • Olah raga tenis

Tenis juga olah raga yang sebaiknya di hindari oleh ibu hamil, walaupun olah raga ini tidak melakukan kontak fisik namun dalam olah raga ini juga terdapat gerakan-gerakan ekstrem seperti berlari dan memukul bola dengan otot lengan. dikhawatirkan bisa menimbulkan cidera pada tangan maupun kaki.

  • Olah raga bela diri

Sama dengan beberapa olah raga yang menyebabkan keguguran hamil muda yang sudah di sebutkan di atas, bela diri termasuk ke dalam gerakan yang memerlukan kontak fisik secara langsung. meskipun hanya latihan ringan tetap saja dikhawatirkan bisa membuat anda merasa kelelahan, cidera dan lain sebagainya. maka dianjurkan untuk menghindari jenis olah raga ini.

  • Gerakan sit up

Gerakan pada sit up bisa menyebabkan keguguran, hal ini di karenakan ada tarikan pada oto perut, nah hal ini sebaiknya juga harus di hindari. karena di khawatirkan bisa membuat janin anda luka atau pendarahan. silahkan konsultasikan lebih lanjut tentang jenis gerakan apa saja yang di perbolehkan untuk wanita hamil dengan dokter kandungan anda.

  • Gerakan gym

Walaupun bukan termasuk ke dalam olah raga/gerakan yang ekstrem, tetap saja harus di hindari. baik itu dilakukan menggunakan alat bantu atau secara manual. karena bisa mengakibatkan resiko cidera yang cukup tinggi.

  • Mendaki

Mendaki gunung atau rock climbing sebaiknya tidak di lakukan saat anda sedang hamil, karena bisa berakibat fatal sekali apalagi usia kandungan yang masih muda sangat rentan mengalami kelelahan dan cidera. resiko terpeleset dari aktifitas mendaki menjadi salah satu faktor kenapa anda tidak boleh melakukan aktifitas ini.

  • Menyelam atau diving

Apabila anda gemar melakukan diving, sebaiknya beristirahat dulu saat anda dalam kondisi hamil. karena menyelam membutuhkan fisik yang fit dan prima. dikhawatirkan jantung dan sistem pernafasan tidak kuat menghadapi tekanan air yang besar di dalam air, terlebih menyelam biasanya harus membawa tabung oksigen yang cukup berat. resiko lain yang bisa timbul saat menyelam adalah kram pada bagian kaki.

  • Olah raga bowling

Sepintas jika melihat seseorang melakukan olah raga bowling terlihat sangat sederhana, yaitu hanya melempar bola bowling ke depan. namun faktanya olah raga ini membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik di tambah bobot dari bola bowling yang cukup berat yakni 5-7 kg sangat tidak disarankan untuk dilakukan oleh wanita yang sedang hamil.

  • Bermain trampolin

Sangat mengasyikan bukan bermain trampolin ? namun sayangnya jika anda sedang hamil jangan pernah coba-coba untuk melakukannya yah! trampolin adalah olah raga dengan menggunakan alat bantu agar tubuh bisa melompat tinggi ke atas, di khawatirkan saat melakukan lompatan pendaratan yang dilakukan kurang sempurna dan menyebabkan anda bisa terjatuh, keseimbangan juga diperlukan saat melakukan permainan ini. jadi tidak disarankan untuk melakukan permainan ini.

  • Angkat beban

Seperti yang sudah di jelaskan diatas bahwa wanita yang sedang hamil tidak di perbolehkan untuk mengangkat beban yang berat, sama seperti kasus ini. angkat beban sebaiknya tidak dilakukan saat anda hamil karena bisa mengakibatkan tangan dan punggun terkilir, jadi sangat berbahaya.

  • Olah raga bersepeda

Walaupun olah raga bersepeda ini membuat tubuh sehat dan terlihat enak, namun sayangnya anda jangan melakukan itu. bersepeda dilarang dilakukan untuk wanita hamil karena beresiko fatal seperti terjatuh, sebaiknya hindari beberapa gerakan lain juga yang membutuhkan keseimbangan bagus.

  • Olah raga berkuda

Walaupun tidak terlihat melelahkan faktanya berkuda juga mampu membuat anda keguguran, selain laju kuda yang melompat-lompat tidak baik untuk janin anda. ternyata berkuda juga perlu keseimbangan dan konsentrasi penuh untuk mengendalikannya.

  • Melakukan gerakan lari

Lari kecil atau jogging juga tidak boleh dilakukan yah untuk ibu hamil, karena gerakan ini sangat menguras tenaga anda. karena biasanya wanita yang sedang hamil mudah merasakan lelah, di khawatirkan anda kelelahan atau yang lebih parahnya hilang keseimbangan dan terjatuh.

Itulah beberapa gerakan atau olah raga yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, dan jika ternyata anda sudah melakukan salah satu gerakan diatas dan mengalami beberapa gejala seperti di bawah ini sebaiknya segera periksakan dan berkonsultasi dengan dokter :

  1. Pendarahan di vagina
  2. Nafas terasa menjadi pendek
  3. Merasakan pusing dan mual-mual
  4. Kepala terasa pusing
  5. Terasa sesak di bagian dada
  6. Otot tubuh terasa lemas
  7. Sakit pada bagian betis maupun kaki
  8. Gerakan janin anda melemah
  9. Keluar cairan dari vagina

Nah kalau berikut ini adalah beberapa gerakan yang aman dan boleh dilakukan oleh ibu hamil :

  • Berjalan kaki  ringan

berjalan kaki justru sangat di anjurkan untuk ibu hamil, gerakan ini dimaksudkan agar posisi kepala bayi berada di bawah perut sehingga mudah saat proses persalinan nantinya. untuk waktu terbaik melakukan gerakan ini adalah pada saat pagi hari sebelum matahari terasa panas, biasanya antara pukul 06.00 – 07.00 pagi dan usahakan dilakukan tanpa alas kaki. lakukan gerakan ini sekitar 5-10 menit saja setiap harinya agar anda tidak terlalu merasa lelah.

  • Renang

Berenang juga aman dilakukan untuk ibu hamil hal ini dilakukan untuk melatih otot tangan dan kaki agar siap saat proses persalinan nantinya. tapi ingat jangan terlalu lama melakukannya cukup 5-10 menit saja.

  • Yoga

Yoga juga bisa dilakukan untuk ibu hamil, selain untuk melatih otot tubuh yoga juga bisa dilakukan untuk melatih pernafasan saat anda melahirkan, tapi ingat hanya melakukan gerakan yoga ringan saja ya.

Nah demikian lah beberapa informasi mengenai gerakan atau olah raga yang dilarang dan di perbolehkan untuk wanita hamil, semoga bisa membantu anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close