Artikel PremiumTips Kehamilan

Ini Dia Beberapa Zat Gizi Penting Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Nutrisi ibu hamil, adalalah salah satu hal yang sangat penting. Didalam kandungan bayi yang sedang mengalami banyak pertumbuhan dan perkembangan dalam jangka waktu 9 bulan akan membutuhkan nutrisi yang mencukupi. Sehingga tidak heran jika ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dalam jumlah yang banyak. Meskipun kemungkinannya beberapa ibu hamil ada yang mengkonsumsi berbagai suplemen untuk membantu selama masa kehamilan. Tetapi harus tetap dilakukannya mengkonsumsi makanan yang bergizi selama menjalani masa kehamilan sehingga kebutuhan gizi akan tercukupi.

Berikut beberapa zat gizi penting yang dibutuhkan ibu hamil diantaranya yaitu :

  1. Zat Besi

Akan bertambah semakin lebih besar volume darah pada saat wanita sedang hamil. Hal ini dikarenakan bayi akan membutuhkan pasokan darah dan tubuh ibu hamil akan mengalami perubahan menjadi lebih besar. Semakin membesarnya volume darah maka akan meningkat juga kebutuhan ibu akan zat besi sebesar 2 kali lipat. Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat sel darah merah.

  1. Asam Folat

Ibu hamil sudah membutuhkan asam folat sejak dirinya merencanakan untuk hamil. Asam folat ini akan berfungsi untuk membantu bayi terhindar dari cacat tabung saraf dan juga kelainan pada otak dan juga sumsum tulang belakang. Selain itu asam folat ini juga akan mencegah terjadinya keguguran, kelahiran premature, dan anemia pada saat hamil.

  1. Kalsium

Ibu hamil akan membutuhkan kalsium dalam jumlah yang banya. Kalsium akan dibutuhkan bayi didalam kandungan untuk pertumbuhan tulang dan juga giginya. Bayi akan memenuhi kebutuhan kalsiumnya dengan cara mengambilnya dari tubuh ibu, sehingga akan terjaganya kepadatan tulang ibu. Dan ibu akan membutuhkan asupan kalsium untuk menggantikan kalsium yang telah diambil bayi. Dengan terpenuhinya kebutuhan akan kalsium maka akan membantu ibu tercegah dari tekanan darah tinggi selama masa kehamilan.

  1. Vitamin D

Ibu hamil juga akan membutuhkan Vitamin D yang akan berguna untuk membantu didalam pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Vitamin D ini juga diperlukan ibu hamil untuk membantu tubuh ibu didalam menyerap kalsium dari makanan. Vitamin D ini bisa didapatkan ibu dari sinar matahari, selain itu juga bisa didapatkan dari sumber makanan seperti susu, jus jeruk, atau juga sereal yang kaya akan Vitamin D, telur, dan ikan.

  1. Kolin

Untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah ibu dari tekanan darah tinggi selama masa kehamilan maka ibu akan membutuhkan kolin. Kolin juga diperlukan untuk membantu supaya bayi terhindar dari cacat lahir (neural tube defect) atau terjadinya masalah pada otak dan juga tulang belakangnya. Kolin juga akan membantu supaya perkembangan otak bayi didalam kandungan akan meningkat. Kandungan kolin ini bisa ibu dapatkan dari telur, ikan, salmon, ayam, brokoli, dan yang lainnya.

  1. Vitamin C

Tubuh akan dapat menyerap zat besi jika terpenuhi kebutuhan akan vitamin C nya. Vitamin ini juga akan membantu didalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, sistem kekebalan tubuh akan meningkat, dan juga akan terjaganya kesehatan pembuluh darah dan sel darah merah. Ibu bisa mendapatkan asupan Vitamin C ini dari jeruk, lemon, mangga, kiwi, melon, strawberry, kentang, tomat, dan brokoli.

Itulah beberapa zat gizi penting yang dibutuhkan ibu hamil. Selain itu masih ada nutrisi ibu hamil lainnya yang harus terpenuhi seperti yodium dan seng.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close