Sehat Alami

Manfaat Sarapan Pagi

Sarapan pagi merupakan waktu makan yang dilakukan di pagi hari sebelum melakukan berbagai aktivitas. Sering kali orang-orang mengabaikan sarapan pagi karena berbagai hal mulai dari takut terlambat datang ke kantor, takut telat sekolah ataupun malas menyiapkan sarapan. Namun rupanya sarapan itu sangat penting karena dengan sarapan di pagi maka akan memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu biasakan diri untuk melakukan sarapan karena sarapan memberikan banyak manfaat diantaranya yaitu sumber energy, meningkatkan focus dan konsentrasi pada saat melakukan aktivitas dan juga dapat menurunkan berat badan.

Manfaat Sarapan Pagi

Beberapa orang beranggapan bahwa dengan sarapan pagi akan menurunkan berat badan ataupun bahkan dengan sarapan pagi maka akan membuat kita mengantuk di pagi hari sehingga banyak sekali orang yang mengabaikan sarapan pagi. Akan tetapi semua anggapan itu tidaklah benar, sarapan pagi mungkin saja menjadi penganggu aktivitas dan dapat menguntungkan untuk tubuh bergantung dengan menu sarapan yang akan dikonsumsi. Konsumsilah berbagai menu sarapan sehat karena sarapan sehat merupakan salah satu bagian dari gaya hidup sehat. Salah satu contoh menu sarapan sehat yaitu makanan yang mengandung karbohidrat dan juga berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh seperti roti gandum utuh, nasi merah, buah-buahan, sayuran dan berbagai makanan yang berasal dari biji-bijian. Tambahkan juga makanan yang mengandung protein untuk menjaga stamina tubuh saat melakukan berbagai aktivitas. Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai manfaat sarapan pagi. Simak penjelasannya.

Menu Sarapan Sehat

Sarapan pagi akan memberikan manfaat untuk kesehatan jika menu sarapan yang dipilih merupakan menu makan yang sehat. Dan akan merugikan tubuh jika menu sarapan yang dipilih merupakan menu makan yang tidak sehat seperti makanan instant, makanan tinggi lemak, dll. Oleh karena itu Anda harus mengetahui jenis makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk sarapan pagi. Berikut ini menu sarapan sehat yang perlu Anda ketahui.

  • Gandum utuh merupakan pilihan menu sarapan yang sehat, gandum utuh yang dapat dikonsumsi baik itu muesli, granola ataupun sereal. Anda dapat mencampur susu rendah lemak, buah-buahan dan juga kacang-kacangan untuk membuat jumlah kalori pada menu sarapan Anda tidak berlebih.
  • Telur rebus dan pisang.
  • Jika ingin mengkonsumsi susu maka dapat memilih susu rendah lemak, greek yoghurt ataupun keju rendak lemak.
  • Roti gandum panggang dengan dilengkapi sayuran dan omelet
  • Jus atau smoothies buah-buahan tanpa menggunakan gula ataupun susu yang berlebihan
  • Greek yoghurt dan buah-buahan
  • Tambahkan biji chia, buah berry dan kacang-kacangan pada menu sarapan sehat Anda
  • Konsumsi teh hijau

Itulah beberapa menu sarapan sehat yang dapat Anda coba konsumsi pada saat waktu sarapan. Pastikan untuk memilih makanan yang rendah lemak dan juga menambahkan sayuran dan buah-buahan pada menu sarapan Anda. Hal yang terpenting adalah pastikan porsi makan Anda cukup jangan berlebihan karena meskipun menu sarapan sehat jika berlebihan tetap akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan.

Manfaat Sarapan Pagi

Memilih menu sarapan pagi yang sehat tentunya akan memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu sesibuk apapun kegiatan yang akan dilakukan di pagi hari maka sempatkan diri untuk bersarapan terlebih dahulu. Untuk lebih lengkapnya mengenai apa saja manfaat sarapan pagi, berikut ini manfaat sarapan pagi untuk kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan kinerja otak

Manfaat sarapan pagi yang pertama yaitu dapat meningkatkan kinerja otak. Menurut sebuh riset yang dilakukan oleh ahli mereka menemukan hasil bahwa siswa yang membiasakan diri sarapan pagi rata-rata mempunyai nila yang lebih tinggi dari pada siswa lainnya dalam suatu tes daya ingat. Dengan sarapan pagi maka kemampuan kognitif otak akan meningkat termasuk daya konsentrasi orang sarapan akan lebih baik dari pada yang tidak membiasakan diri tidak sarapan. Otak pada pagi hari membutuhkan glukosa, asupan glukosa tersebut dapat diperoleh melalui sarapan pagi. Jika Anda melewatkan sarapan maka otak akan kekurangan asupan sehingga menyebabkan Anda kesulitan berkonsentrasi dan bahkan akan merasa lemas.

  1. Mencegah penyakit maag

Manfaat sarapan pagi yang kedua yaitu mencegah terjadinya penyakit mag. Sarapan pagi mempunyai manfaat mencegah terjadinya penyakit mag. Dengan sarapan pagi maka lambung akan terisi sehingga dengan begitu asam lambung akan ternetralisir. Seseorang yang tidak mempunyai riwayat penyakit mag pun dapat menjadi menderita mag apabila banyak melewatkan sarapan pagi, kerena lambung jika terlalu lama dibiarkan kosong akan menyebabkan rasa perih sehingga resiko terserangnya penyakit mag lebih mudah. Oleh karena itu biasakan lah diri untuk melakukan sarapan pagi.

  1. Memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh

Manfaat yang ketiga yaitu memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh. Tubuh tentunya memerlukan nutria yang cukup agar dapat melakukan berbagai aktivitas. Salah satu nutrisi tersebut didapatkan dari sarapan pagi yang sehat. Dengan melewatkan waktu sarapan maka kemungkinan besar tubuh akan kesulitan mendapatkan vitamin dan juga berbagai nutrisi lainnya. Dengan sarapan pagi maka asupan nordisk untuk sepanjang hari aka terpenuhi, oleh karena itu pilihlah menu sarapan yang kaya akan nutrisi mulai dari protein, zat besi, serat dan juga vitamin. Pilihlah sarapan yang mengandung gandum utuh, kacang-kacangan, telur susu rendah lemak dan berbagai menu sarapan sehat yang telah dibahas sebelumnya.

  1. Menjaga berat badan tetap ideal

Jika orang beranggapan bahwa dengan sarapan pagi akan meningkatkan berat badan hal tersebut merupakan sebuah pernyataan salah. Faktanya dengan sarapan pagi maka berat badan akan tetap terjaga asalkan menu sarapan yang dipilih merupakan menu makan yang sehat. Jika Anda membiasakan dir untuk sarapan maka kemungkinan besar Anda akan merasa kenyang sehingga kebiasaan mengemil pun akan terlupakan. Untuk menjaga berat badan tetap ideal maka disarankan untuk memilih sarapan oatmeal ataupun makanan yang rendah gula akan tetapi mempunyai kandungan serat yang tinggi. Makanan yang tinggi serat dan rendah gula akan dicerna oleh tubuh secara perlahan sehingga kita akan tetap merasa kenyang. Oleh karena itu berat badan akan tetap terjaga.

  1. Membuat tubuh menjadi lebih bugar

Manfaat sarapan pagi yang kelima yaitu dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Dengan sarapan pagi maka tubuh akan menjadi lebih kuat, akan tetapi untuk merasakan itu perlulah kita memilih menu makanan yang menggandung protein. Karena dengan memilih makanan yang kaya akan protein akan membuat kebutuhan energy tubuh terpenuhi sepanjang hari sehingga tubuh akan menjadi lebih fit dari pada biasanya.

Selain 5 manfaat sarapan pagi diatas ada beberapa manfaat lainnya dari sarapan pagi diantaranya yaitu mencegah diabetes, menjaga suasana hati, mengurangi resiko stres atau depresi, menjaga kesehatan tubuh, dll. Oleh karena itu mulai sekarang biasakan diri untuk melakukan sarapan pagi walaupun dalam keadaan terburu-buru dan pilihlah menu sarapan pagi yang sehat. Sekian pembahasan mengenai manfaat sarapan pagi. Semoga bermanfaat.

Berikut ini contoh poster tentang sarapan pagi atau poster tentang pentingnya sarapan pagi

https://www.youtube.com/watch?v=nU-8i8X8xyM

Pencarian Lainnya:

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close