Manfaat Kesehatan

Sayuran dan Buah Penurun Kolesterol dalam Tubuh

Sayuran dan Buah Buahan untuk Menurunkan Kolesterol

Sayuran dan Buah Penurun Kolesterol dalam Tubuh

Kolesterol pada zaman sekarang ini menjadi pembunuh berdarah dingin bagi manusia, kolesterol merupakan zat senyawa kompleks kolesterol dihasilkan dari organ hati manusia serta sisa sisa dari luar tubuh.

Dalam dunia medis jenis kolesterol terbagi menjadi dua yaitu :

  • Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) ini yang biasa disebut kolesterol jahat dan sangat merugikan bagi tubuh manusia.

Kolesterol jahat biasanya memicu penyakit aterosklerosis (pengapuran dan pengerasan pembuluh darah di dalam tubuh), seringnya seseorang yang mengalami aterosklerosis pembuluh darahnya akan sempit dan aliran darah menjadi tersumbat. pembuluh darah koroner yang sering mengalami hal ini dan berdampak juga ke organ jantung yang sering di sebut Penyakit Jantung Koroner.

  • Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)

Namun tubuh manusia ternyata juga perlu kolesterol baik untuk memperkuat dinding dinding sel dan pembentukan hormon. kolesterol HDL juga di butuhkan untuk memproses asam empedu, hormon steroid dan Vitamin D di dalam tubuh.

Berapa Ukuran Kolesterol Normal pada Orang Sehat ?

Untuk anda yang ingin mengetahui berapa ukuran kolesterol pada orang normal yaitu <200 mg/dl ini untuk keseluruhan kolesterol di dalam tubuh. proporsinya seimbang antara kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Gejala penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi di dalam tubuh :

Kolesterol jahat sangat berdampak buruk di dalam tubuh biasanya gejala awal yang ditimbulkan yaitu badan terasa kaku dan sering merasa kram, leher sering mengalami pegal-pegal dan pusing. jika sudah merasakan tanda-tanda seperti itu rajinlah berolah raga dan kontrol pola makan anda.

Pemicu kolesterol tinggi di dalam tubuh :

Biasanya di sebabkan oleh makanan yang sehari-hari kamu konsumsi/makan dan pola hidup seperti :

  1. Sering mengkonsumsi makanan cepat saji.
  2. Merokok dan mengkonsumsi alkohol dalam jangka waktu yang lama.
  3. Diet berlebih.
  4. Jarang gerak atau olah raga.
  5. Kelebihan berat badan (Obesitas).
  6. Memiliki penyakit Diabetes Mellitus.

Makanan dan cara untuk menaikan kolesterol baik di dalam tubuh

Kolesterol baik harus di jaga keseimbangannya di dalam tubuh, banyak cara dilakukan termasuk mengkonsumsi beberapa makanan untuk menaikan kolesterol baik diantaranya :

  1. Makanan gandum/oatmeal, makanan kaya akan serat yang terbuat dari gandum dipercaya mampu menyerap tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga dapat mengontrol naiknya kolesterol baik. penyerapan ini terjadi di dalam aliran darah dalam tubuh.
  2. Makanan Yoghurt, yoghurt merupakan makanan bebas lemak yang sangat baik untuk proses metabolisme di dalam tubuh karena kaya akan protein, kalsium dan mikroorganisme (lactobasilus) yang dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat.
  3. Makanan yang mengandung Sterol dan Stanol, makanan jenis ini biasa di temui pada margarin, buah jeruk dan yoghurt susu.
  4. Makanan kacang-kacangan dan kentang, mengkonsumsi kentang membantu menaikan kadar gula dalam darah karena ketang kaya akan protein. sedangkan kacang kacang termasuk jenis makanan kaya akan serat yang diperlukan untuk proses pencernaan tubuh.
  5. Olah raga secara teratur, olah raga yang direkomendasikan untuk menaikan dan memperlancar aliran darah adalah senam dan joging, cukup lakukan kurang lebih sekitar 20 menit jalan santai dan senam aerobic agar pembakaran tubuh dan aliran darah maksimal.

Nah itulah beberapa makanan dan cara menaikan kadar kolesterol baik di dalam tubuh, namun adakalanya tubuh juga perlu untuk menurunkan produktivitas kolesterol jahat yaitu dengan mengkonsumsi :

Makanan dan buah penurun kolesterol dalam tubuh :

berikut ini adalah 10 makanan yang direkomendasikan untuk anda konsumsi agar kolesterol jahat di dalam tubuh menurun, antara lain :

  1. Konsumsi Beras Merah untuk menurunkan kolesterol.
  2. Mengkonsumsi Gandum dapat menurunkan kolesterol.
  3. Konsumsi bayam efektif menurunkan kolesterol jahat.
  4. Buncis.
  5. Kedelai.
  6. Bawang Putih.
  7. Kacang-Kacangan.
  8. Biji bunga matahari.
  9. Ikan yang mengandung kaya Omega 3.
  10. Ikan Salmon.

Buah Penurun Kolesterol dalam tubuh :

Selain makanan yang disebutkan diatas, ada beberapa lagi jenis buah-buahan yang dapat mengontrol penurunan kolesterol di dalam tubuh antara lain :

  1. Jeruk Nipis
  2. Buah Jambu/jambu biji
  3. Buah Delima
  4. Buah Mangga
  5. Buah Blueberry
  6. Buah Anggur
  7. Buah Alpukat
  8. Minyak Zaitun
  9. Buah Lemon
  10. Buah Strawberry
  11. Buah Apel

Cara mengolah semua buah tersebut bisa langsung di makan atau dijadikan jus segar.

Bahan alternatif untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh, antara lain :

  1. Biji ketumbar
  2. Kayu manis
  3. Teh hitam
  4. Brokoli
  5. Nanas dan Jeruk Nipis
  6. Jahe
  7. Minyak Zaitun

Penyakit yang dipicu oleh kolesterol tinggi di dalam tubuh, antara lain :

  1. Stroke
  2. Penyakit Jantung Koroner
  3. Darah Tinggi (Hypertensi)
  4. Batu Empedu

Makanan dan minuman yang dapat memicu kolesterol tinggi di dalam tubuh :

Usia diatas 40 tahun sebaiknya pantang terlalu sering mengkonsumsi makanan di bawah ini :

  1. Daging kambing
  2. Seafood (cumi, kepiting, udang, kerang, siput)
  3. Makanan bersantan
  4. Jeroan sapi dan kambing

Bagi anda yang suka mengkonsumsi daging olahan seperti sosis daging serta daging asap perlu memperhatikan pola makanannya, jangan terlalu sering mengkonsumsi jenis daging ini karena sangat cepat meningkatkan kolesterol di dalam tubuh. minuman fermentasi dan juga bir juga yang harus di hindari.

Tips untuk menghindari kolesterol tinggi :

Untuk dapat terhidar dari kolesterol tinggi di dalam tubuh, kamu harus lebih sering mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rutin berolah raga. asupan 4 sehat 5 sempurna seperti konsumsi telur yang kaya akan protein, madu dan juga susu akan membuat tubuh anda fit serta tidak mudah terserang penyakit.

Demikianlah beberapa informasi tentang cara menurunkan kolesterol, faktor penyebabnya serta tips cara menghindari kolesterol tinggi di dalam tubuh. kami selalu berusaha menyajikan informasi yang menarik untuk anda coba lakukan di rumah, selalu terapkan pola hidup sehat baik di lingkungan rumah maupun di tempat anda kerja.

Imbangi konsumsi makanan sehat dengan rutin berolah raga ringan seperti jogging dan senam agar tubuh selalu fit setiap saat. dan semoga informasi ini berguna untuk anda semua, terima kasih.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close