Kesehatan Wanita

Tips Mengatasi Haid

Ketika tamu bulanan datang atau ketika siklus haid atau menstruasi datang maka yang biasa kita alami adalah gejala PMS. Gejala PMS yang datang itu beragam ya, mulai dari emosi yang naik turun kemudian payudara terasa berat, dan sakit pada bagian pinggul.

Tips Mengatasi Haid

Bahkan ketika haid itu sudah datang maka yang kita rasakan biasanya adalah sakit pada bagian perut bawah atau nyeri. Nyeri ketika haid ini biasanya akan sangat menyakitkan, namun setiap wanita berbeda. Ada yang nyerinya biasa saja ada yang sampai tidak kuat untuk berdiri karena nyeri yang luar biasa dialaminya. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan infromasi mengenai tips mengatasi nyeri haid dengan ampuh. Ini dia informasi lengkapnya!

  1. Kompres perut dengan air hangat

Pertama yang bisa kita lakukan dengan nyeri haid yang kita rasakan adalah mengompres perut dengan air hangat. Mengompres perut dengan air hangat ini memiliki tujuan untuk meredakan nyeri yang kita rasakan selama menstruasi atau haid itu. Anda bisa menyiapkan air hangat kemudian mencelupkan handuk ke dalamnya dan memerasnya, kemudian menempelkan pada bagian perut yang nyeri. Lakukan cara ini juga dengan memijat bagian perut yang sakit sehingga rasa sakit itu bisa sedikit berkurang. Air hangat dan juga pijatan itu bisa mengatasi nyeri haid yang kita alami karena bisa memberikan efek fisiologis pada tubuh kita, karena ketika kita mengompresnya maka tubuh kita akan mengalami peningkatan suhu terutama di bagian yang dikompres dan bisa melancarkan aliran darah kita. Dengan mengompres air hangat ini maka rasa nyeri haid akan berkurang dengan sendirinya, cara ini terbukti sangat efektif sehingga Anda bisa mencobanya jika ingin supaya nyeri haid bisa segera sembuh.

  1. Makanlah makanan yang bergizi

Tips kedua yang bisa kita coba ketika ingin mengatasi nyeri karena haid adalah dengan makan makanan yang bergizi. Selama mestruasi tentu saja kita akan kehilangan banyak darah dan mungkin juga kehilangan energi. Supaya Anda tetap bersemangat menjalankan aktifitas selama menstruasi maka Anda bisa mengkonsumsi makanan bergizi sehingga energi di dalam tubuh Anda akan tetap terjaga dengan baik, selain itu kami menyarankan supaya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak, omega 3, vitamin B1, kalsium, vitamin B6, dan juga magnesium ternyata bisa mengatasi nyeri atau kram yang kita alami selama menstruasi. Jika Anda tidak ingin merasa repot maka Anda bisa mengkonsumsi makanan salad, karena salad sendiri adalah campuran berbagai macam buah dan juga sayuran yang bisa memberikan pada kita semua kandungan yang saya sebutkan di atas. Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi sebaiknya jauhilah konsumsi alkohol dan juga merokok ketika sedang menstruasi.

  1. Minum air kelapa hijau

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit perut atau nyeri kram ketika sedang haid adalah Anda bisa minum air kelapa hijau. Seperti yang kita ketahui jika dengan minum air kelapa hijau maka kita bisa mendapatkan berbagai manfaat bagi tubuh kita, salah satunya adalah bisa mengatasi nyeri dan haid. Oleh karena itu jika Anda sering mengalami nyeri atau kram perut karena menstruasi maka sebaiknya kami menyarankan supaya Anda mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin. Pastikan Anda mengkonsumsi air kelapa hijau yang benar-benar murni dan tidak dicampur dengan air, gula atau es batu. Supaya manfaatnya lebih terasa dan kram perut bisa segera teratasi. Air kelapa hijau terbukti bisa mengatasi nyeri karena haid karena di dalam air kelapa hijau memang ada kandungan anti inflamasi yang baik untuk mengatasi rasa sakit. Kalau tidak percaya Anda coba saja.

  1. Aromaterapi

Tidak hanya dengan mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman yang kami sebutkan di atas  ya. Ternyata nyeri atau kram perut akibat menstruasi atau haid bisa Anda atasi dengan aromaterapi. Aromaterapi memang memiliki efek untuk merileksakan kita dan memberikan efek seperti terapi sehingga kita mungkin akan menjadi lebih tenang daripada sebelumnya. Nah ternayata efek inilah juga bisa mengatasi haid yang kita alami. Jika saat ini mengalami kram atau sakit perut karena haid maka Anda bisa mencoba untuk menggosokkan minyak aromaterapi pada perut misalnya saja aromaterapi dengan aroma lavender, mawar, dan lainnya. Selain dapat menenangkan pikiran kita, dengan menggunakan minyak aromaterapi ini juga bisa mengatasi kram perut secara efektif. Jika mungkin cara ini tidak mempan karena rasa nyeri yang luar biasa maka Anda bisa mencoba cara lainnya.

  1. Minum jamu kunyit asam

Tidak hanya menggunakan aromaterapi saja ya, kita juga bisa memanfaatkan obat tradisional untuk mengatasi sakit atau nyeri karena kram perut Anda. Untuk mengatasi nyeri haid Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi jamu kunyit asam, jamu kunyit asam ini terbukti bisa mengatasi sakit atau nyeri karena siklus menstruasi. Anda bisa membeli jamu kunyit asam ini. Namun jika mungkin kesulitan untuk menemukan penjual kunyit asam maka Anda bisa membuat jamu kunyit asam di rumah sendiri karena caranya sangatlah mudah. Kita hanya perlu menyediakan beberapa ruas kunyit kemudian rebus kunyit yang sudah kita potong-potong dan bersihkan dari kulitnya itu bersama gula merah dan juga asam jawa. Setelah itu tunggu sampai mendidih, jika  sudah mendidih maka saringlah dalam gelas. Jika sudah minum selagi hangat, untuk menghilangkan rasa kram atau nyeri pada perut karena haid maka Anda bisa mengkonsumsinya sehari 2 kali. Jika tidak percaya maka Anda bisa mencoba cara yang sudah cukup efektif ini.

  1. Berolahraga

Mungkin Anda adalah orang yang sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal olaharaga memiliki manfaat bagi tubuh kita yaitu bisa membuat kita menjadi sehat sepanajang hari dan lebih fit lagi. Namun mungkin Anda belum tahu jika ternyata dengan berolahraga kita bisa mengatasi rasa sakit atau kram di perut kita. Jika saat ini Anda sedang mengalami kram atau nyeri pada perut maka kami menyarankan supaya Anda melakukan beberapa gerakan olahraga karena ternyata berolahraga bisa mengurangi rasa sakit yang kita alami. Untuk mengurangi nyeri ini maka kita bisa mencoba untuk olahraga ringan saja, misalnya saja seperti lari, jalan, dan juga bersepda. Olahraga seperti ini diyakini bisa mengurangi sakit perut yang dialami karena haid. Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga yang sudah kami sebutkan di atas. Namun jika dirasa fisik sudah tidak kuat lagi maka jangan sampai memaksakannya, karena nanti malah mungkin Anda bisa pingsan.

Nah itulah beberapa info dari kami mengenai tips mengatasi nyeri haid yang bisa kita terapkan jika kita mengalami nyeri atau kram perut. Usahakan supaya ketika haid datang Anda melakukan beberapa tips yang sudah kami berikan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close