Tips Kehamilan

Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Melahirkan merupakan waktu yang dinanti-nanti, biasanya selama masa kehamilan tubuh kita akan meningkat atau naik beberapa kilo bunda. Kenaikan berat badan itu biasanya wajar saja karena di dalam tubuh ada janin, selain itu juga mungkin akan dipengaruhi beberapa hormon yang hanya muncul ketika hamil.

Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Sebagai wanita mungkin Anda ingin selalu ingin menjaga penampilan dan selalu ingin tampil dengan langsing bukan? Namun mungkin hal ini akan menjadikan sedikit kendala setelah Anda melahirkan. Biasanya ketika setelah bunda melahirkan maka tubuh akan menjadi melar atau beratnya akan bertambah. Jika Anda ingin mengembalikan berat badan atau menurunkan berat badan setelah melahirkan maka Anda bisa memperhatikan beberapa tips di bawah ini! Ini dia tips menurunkan berat badan setelah melahirkan :

  1. Menyusui

Seperti yang kita ketahui jika ASI Eksklusif sangat penting bagi bayi kita karena mereka masih belum bisa makan sebab saluran pencernaanya masih sangat kecil dan belum berkembang. Oleh karena itu mengapa bunda perlu memberikan ASI kepada bayi karena itu makanan mereka yang paling penting. Memberikan ASI Eksklusif sangat bermanfaat bagi bayi, namun selain itu ternyata memberikan ASI atau menyusui bayi ternyata juga bisa memberikan manfaat bagi kita bunda. Memang apa manfaatnya? Manfaat menyusui bayi itu adalah bisa membantu bunda untuk mendapatkan berat badan yang ideal atau dengan kata lain bisa menurunkan berat badan. Hal ini sebenarnya bisa berpengaruh secara siginifikan karena sebenarnya dengan memberikan ASI kepada bayi maka akan sama saja dengan memerikan bayi cadangan lemak yang ada di tubuh Anda sehingga berangsur-angsur bunda akan mengalami penurunan berat badan.

  1. Banyaklah bergerak

Tips kedua yang bisa bunda lakukan adalah dengan banyak menggerakan tubuh, karena jika bunda tidak menggerakan tubuh atau misalnya saja bunda tidur terus-terusan setelah melahirkan malah akan bisa membuat berat badan tubuh bunda menjadi naik. Oleh karena itu jika bunda menginginkan berat badan turun, maka bunda harus melakukan beberapa aktifitas sehingga bunda bisa banyak bergerak. Jika bunda belum menginginkan untuk berolahraga maka bunda bisa melakukan aktifitas mengurus bayi saja. dengan mengurus bayi pasti kita akan melakukan banyak gerakan secara sadar dan tidak sadar. Hal itu dapat menurunkan berat badan kita. Selain itu bunda bisa melakukan aktifitas rumahan jika tidak terlalu lelah seperti misalnya menyapu, mengepel, atau memasak. Namun jika kondisinya masih belum memungkinkan maka juga jangan memaksakannya karena nanti kondisi malah akan semakin memburuk dan bunda bisa jatuh sakit.

  1. Perhatikan pola makan

Ibu yang baru saja melahirkan dan sedang menyusui maka membutuhkan banyak asupan makanan karena ASI juga diproduksi melalui makanan yang bunda makan. Walau bunda membutuhkan banyak asupan makanan maka bunda juga harus memperhatikan juga apa yang bunda makan. Selama masa menyusui maka bunda sebaiknya makan saja makanan yang bergizi seperti buah dan sayuran. Hindari makanan yang instan atau kemasan, dan hindari juga makanan cepat saji karena kedua makanan itu tidak ada gizinya untuk ASI. Karena apa yang kita makan juga dimakan oleh bayi melalui ASI jadi kita harus memperhatikan pola makan juga. Namun bunda, kami sarankan ketika sedang dalam masa menyusui jangan melakukan diet hanya karena ingin memiliki berat badan yang ideal sesegera mungkin. Karena jika diet tentu saja asupan yang masuk lebih sedikit dan menjadikan produksi ASI tidak maksimal bukan? Jadi ketika ingin diet selama menyusui sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter apakah aman atau tidak.

  1. Berolahraga

Tips menurunkan berat badan setelah melahirkan yang keempat adalah bunda bisa melakukannya dengan berolahraga. Sudah kita ketahui jika dengan berolahraga maka kita bisa menurunkan berat badan kita bunda. Banyak sekali olahraga yang bisa kita lakukan selama masa menyusui, karena kita masih baru saja pulih dari persalinan maka tentu saja kita harus melakukan olahraga yang ringan terlebih dahulu sehingga tidak akan terlalu kelahan. Mulai dari yang ringan Anda bisa melakukan jalan pagi di sekitaran perumahan Anda sembari membawa bayi Anda berkeliling dengan kereta dorong, atau kalau tidak bunda bisa melakukan joging ringan pada pagi hari. Sebelum berolahraga ada baiknya bunda berkonsultasi terlebih dahulu apakah olahraga yang akan bunda lakukan itu memang benar-benar aman bagi bunda? Jika bunda sudah berkonsultasi dengan dokter atau ahli maka bunda bisa melakukannya. Karena jika kita berolahraga dan mengeluarkan keringat maka itu sama saja dengan membakar kalori dan berat badan kita bisa menurun dengan sendirinya.

  1. Tidur yang cukup

Tindakan selanjutnya yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi atau menurunkan berat badan adalah bunda harus memiliki waktu tidur yang cukup. Banyak tidur tidak baik jika Anda ingin menurunkan berat badan, namun kekurangan waktu tidur juga tidak baik. Oleh karena itu walau mungkin Anda melakukan berbagai macam aktifitas seperti mengasuh bayi dan juga melakukan beberapa pekerjaan rumah maka bunda harus memilki waktu tidur yang cukup pula ya bunda. Jika bunda ingin menjaga berat badan atau menurunkan berat badan maka bunda bisa mencukupi waktu tidur setidaknya 7-8 jam per malamnya. Bunda bisa meminta suami untuk bergantian menjaga jika bayi bunda menangis dan rewel kalau memang bunda benar-benar merasa kelelahan. Jika bunda mengalami insomnia maka bunda bisa mengkonsumsi minuman hangat sebelum tidur. Namun jangan terlalu berlebihan karena bisa membuat bunda menjadi ingin buang air kecil terus-terusan.

  1. Banyak minum air putih

Tips keenam yang bisa bunda lakukan jika bunda memang benar-benar ingin menurunkan berat badan setelah melahirkan adalah bunda harus memperbanyak konsumsi air putih. Air putih ini sangat penting bagi kesehatan tubuh kita dan juga bisa menjaga metabolisme tubuh kita. Selain itu jika kita mengkonsumsi banyak air putih kita akan menjadi lebih kenyang bunda, minum air putih sebanyak 8 gelas per harinya sehingga pertu akan terasa lebih kenyang dan bisa menghindarkan bunda dari konsumsi berbagai macam makanan yang mungkin bisa menaikkan berat badan bunda. Jangan lupa untuk mengimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, kalau bisa pilih sayur dan buah-buahan yang organik saja bunda karena akan lebih menyehatkan.

Itu dia bunda informasi penting dari kami mengenai tips menurunkan berat badan setelah melahirkan. Tentunya melakukannya dengan telaten ya bunda, karena berat badan itu turun mungkin tidak secara langsung jadi bunda harus sabar. Jangan menggunakan obat-obatan untuk menguruskan badan dan juga diet ekstrim karena bisa membahayakan kesehatan bunda. Mengingat juga Anda baru saja melahirkan sehingga masih membutuhkan pemulihan dan mengingat bayi juga masih membutuhkan ASI untuk tumbuh dan kembangnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close